Saturday, March 19, 2022

Entho-entho Jenjet, Kuliner yang Hampir Punah


Entho entho jenjet


Emak gue, gue suruh beli. 

Mungkin kuliner ini terdengar sangatasing, banget. Bahkan di googlepun belum ada satu ulasan mengenai makanan ini. Tidak ada satupun yang terindeks. Karena aku yakin gak semua mengenal makanan ini kecuali di daerah L.A alias Lor Adoh. Daerahku juga sudah terbilang loran bagi orang kidulan yang lebih kota. Tapi masih ada yang lebih Utara. Yaitu grobogan. Tangen ke utara ya udah grobogan. Dan temenku smp dlu banyak yang dari kabupaten jiran ini.
Bahkan yang sering menjual sego jagung juga orang grobogan. Sama kok, desa juga. Nanam jagung juga orang daerah utara bengawan solo. Cuman mungkin udah mulai ngota,,males adang jagung. Mending beli gitu. Kalau bakar jagung kan laen cerita. Lebih simpel.
Kalau adang sego jagung kan harus nutu jagung mentah itu di lesung, habis itu jagunh yanh udah agak hancur direndam semalam jadi tholon, baru di tutu lagi hingga jadi halus itu. Nah dari menutu jagunh awal tadi ada kulit jagung atau ampasnya. Disebut jenjet. 
Kalau entho entho mungkin ada, tapi terbuat dari singkong parut. Ya sama aja dikepeli jadi bulatan itu. Cuma kalau ento ento jenjet itu entho entho yg berasal dari ampas jagung saat proses membuat sego jagung.
Kenapa aku suka dengan makanan ini, ya mungkin karena sejak kecil udah terbiasa makan. Masa sih makan nasi jagung? Kayak tahun berapa aja.
Ada ya orang yg masih bertanya kaya gitu? Kalau aku emang iya. Kelauarga ibuku sejak kecil makannya nasi jagung tiwul dll. Jadi mlocoti (nutu) jagung itu udah jadi makanan sehari2. 
Bukan pamer ya, tapi memang demikian adanya. Pamer gimana, kalau pinginnya ya nasi beras. Tapi kan gak ada sawah. Tegalan kering aja. Berad mahal juga. Paling makan thiwul yg banyak dulu terus disesi akhir baru makan nasi beras. Kalau aku ..masa sih generasiku makan nasi jagung tiwul juga? Ya emang iya, masa kecilku. Setiap orang punya pwrjalanan dan kisah hidup swndiri ya. Jadi sangat tidak dewasa jika bermasak sih masak sih dengan hidup oranglain. Kalau temenku mungkin udah gak makan juga. Tapi keluargaku.. ibuku ya masak nasi jagung. Karena keadaan juga. Karena dulu bapak saya hobi maen (judi oklok) ini bukan cerita jual kesedihan. Tapi memang iya, pernah jual sawah sapi dll. Sepeserpun uang gak dikasih ke keluarga. Untuk judi. Jadi ya sangat masuk akal saja kalau aku makan nasi jagung dan thiwul. Cuma makan nasi beras dikit. Jadi biar kenyang makan tgiwul dulu. Baru nasinya kayak jadi dessert. Intinya kalau yg terakhir nasi beras nanti dianggapnya makan nasi dan yang diingat nasi beras. Gitu prinsipku. Meski tidak selamanya. Tapi ya cukup lama. Tapi ini bukan derita. Kalau gak dijadikan derita. Aku ya biasa aja. Ga bilang ke temen temenku kalau makan nasi tiwul atau jagunh juga. Ya aku juha sehat dan tumbuh seperti biasa. Tidak menunjukkan tanda tanda ngantuk, kurus, stunting atau misalnya kelelahan gitu saat disekolah dulu. 
Kalau temenku ya nasi jagung atau tiwul hanya dianggap "hiburan" kayak semacam "heii gaez aku makan nasi jagung lhoo gak nyangkaaa... " 
Kalau aku udah bosen dan misalnya ada orang yang amazing banget makan tiwul atau jagung, aku udah kenyang dengan makan itu. Bahkan dalam kondisi gak baik. Jadi ya memorable tapi kalau bisa ya jangan makan itu. Karena disaat saat aku pingin nasi beras malahan makan yanh bukan makanan pokok biasanya. Tapi semua gak ada celanya. Nothing to lose kok.. bahkan makananpun mengajarkan kita untuk bijak menjalani kehidupan.

Aku itu tipe tipe ilat ndeso, misal kedele lebih suka gembuk daripada tahu, kalau jagung lebih suka jenjet daripada nasi jagungnya. Tapi kalau makan ya ttp dimakan nasinya.

Entho entho jenjet... itu ampas kulit di interi ditampah diambil yang lembut. Terus dtumbuk hingga halus. Habis itu ya dibumbui. Umumnya bumbu yang standar ya cabe, garam, penyedap, daun jeruk, kemangi. Terus dikepeli.. 
Dibuat bulat-bulatan kayak buat klenyem atau combro. Habis itu dikukus atau dipanggang dalam wingko. Kalau aku gak digoreng ya.karena normalnya entho jenjet gak digoreng. 
Enak.. karena aku suka pedes gurih. Ya intine kalau digorengpun aku jga suka. Hla seneng gorengan..
Ya itu si sekilas mengenai makanan klasik yang mungkin.. generasi saat ini gak doyan. Menjumpai mungkin masih.. tapi gak doyan kalau menurutku. Kalau masalah ada apa gaknya .. masih ada. Dipasar daerah loran masih ada kadang yg jual. Cuma.. yg mau makan itu lho yg susah. G ada mungkin. Kalaupun ada ya mungkin mbah mbah atau mbokde lawas yang memang suka. Atau paling enggak punya cerita emosional mengenai makanan. Atau bisa aja dulinya pas muda sering makan ento ento sama seseoang atau apalah.
Setauku.. kalau aku boleh mengira, makanan ini tidak disukai 90 dari 100 orang. Ya bisa aja gak mudeng, ibarate sego jagung aja mboh wis mangan mboh urung. Apa meneh jenjete. Tapi kalau menjumpai ada yg jual gtu gpp sih beli. Coba. Ya mencoba gak harus suka atau jadi makanan secara permanen. Kalau pingin ngerti aja, biar semakin kaya khazanah kulinernya. Ini termasuk mengenyangkan. 


Silahkan Tinggalkan Pesan dan Komentar Anda di sini... ; ) Terima Kasih atas Kunjungan Anda...

HARAP JANGAN PANGGIL SAYA "MAS" KARENA OWNER BLOG INI SEORANG WANITA