Thursday, October 17, 2013

ANTARA JAWA TENGAH DAN JAWA TIMUR : PERBEDAAN BAHASA SEHARI-HARI YANG DIGUNAKAN (Part 2)




Hai hai.. kembali lagi dengan pembahasan MY EAST JAVA dan my central java tersayang...
Kali ini aku sudah memahami beberapa kosakata Malangan atau Jawa Timuran Timur gitu deh... :)
Karena ini sangat membantu temen saya banget yang pingin ngerti juga tentang bahasa keseharian di Jawa Timur : )
Oke, ..kali ini aku mau bahasa seputar kalimat tanya atau UKARA PITAKON yang berbeda antara Jawa Timur dan Jawa Tengah : )


PO’O
Hehe, awalnya aku ngerasa gimana gitu......... dengan kata ini..
PO’O yang merupakan akronim dari OPO’O bagi orang Jawa Timur artinya: KENAPA.
Dulu pertama kali aku denger pertanyaan ini dari temenku Yoseph, dia bertanya ke aku “PO’O????” waktu aku nangis setelah presentasi Makro Ekonomi semester satu dulu (Hehe... inget masa-masa cengeng dan aksi cengengisasi masa lalu yaaa : P)
Tapi aku gak tau artinya apa....... aku juga gak terlalu memperhatikan orang yang bicara dengan bahasa yang aku gak tau........
Karena selama ini ya........ aku bingung aja kalau harus ngomong PO’O gitu...
(jadi ya mending ngomong pakai bahasa Indonesia aja kan... daripada terlihat gimana gituuu)
Kalau orang ditempat tinggal aku kan, ngomongnya bukan PO’O tapi KENA APA? (dengan vokal  atau KENO OPO?) gitu...tau bisa juga bahasa tiap harinya KENEK OPO? KENENG OPO? Kalau bahasa halusnya ya KENGENG NAPA??
PO’O NANGIS=KENEK OPO NANGIS=KENAPA NANGIS?

NYAPO
Nyapo tuh bagi orang Jawa Timur artinya NGAPAIN? LAGI APA??
Gitu kali yaa... hehhehe..
Aku kira dulu Nyapo itu artinya kenapa, atau kena apaaaa??? Gitu...
Makanya aku gak mau ngomong PO’O NYAPO karena pernah ketuker..
^malu........^ ntar dikira sok tau malahan..... heheheh : )
Kalau orang Jawa Tengahan NYAPO artinya MENYAPU... hehehe (kalau O nya ada dua kan jadi U)
Ya... intinya orang Jawa Tengah gak ngenal NYAPO LAPO PO’O gitulah...
Hehehe.....
Kalau misalnya tanya lagi ngapain ya..... = LAGI OPO KOWE... LAGI NGAPA KOWE...
Gitu.........

MASIYO
Sampai sekarang aku belum paham apa artinya....... dan aku nanya Linda, dia juga sulit ngartiinnya...
Hemm,,,,,,, akan ku cari tau.... kapan-kapan tentang arti kata MASIYO ini...


NYELANG
Hehhehe... tau artinya apaaa? Bagi orang Jawa Timuran nyelang adalah PINJAM atau Minjem...
“Nyelang bukue Linda =Minjem bukunya Della”
Sedangkan bagi orang Jawa Tengah nyelang artinya aapaaa? Nyelang banyu...
SELANG itu kan pipa air buat ngairi sawah... kalau nyelang ya berarti makai selang buat aliran air...
NYELANG BANYu adanya..... gak ada nyelang dalam konteks yang lain..
Terus kalau ngomong pinjem gimanaaa? Orang Jawa Tengah dan Jawa Timur Barat YA... : NYILIH
“nyILIH DUWETe Della...... = pinjem uangDella”

TIMBO
Aku pingin ketawa waktu dulu pernah dengar kata TIMBO ini...
TIMBO alias TIMBA yaaa bagi orang Jawa Timur sini tuh EMBER itu...
Heheh..........
Kalau orang JAWA TENGAHAN, timbo itu ya.. apa yaa...
Ya ember juga sih... tapi ember yang disumur kerek itu....
Kalau bilang ember ya ember aja gitu...hehehe

KRESEK
Bagi orang Jawa Timur kresek itu adalah plastik,,
Ya plastik untuk tempat belanjaan itu.. wadah gorenngan...
Hehhehe....... ^_^ lUucuuu yaaaa...
Kalau orang Jawa Tengah Kresek yaa....... KARUNG itu...lho...
Karung beras,,,,,,,, karung pupuk......
Bayangin beli gorengan di rumah,,, terus minta kresek...
Hahaha........ yang ada malahan diambilin karung ntar.......



Udah ya..... sampai disini dulu.....
Sebenernya masih banyak sih.... tapi aku bahas lain kali ajaaa.......
Ditunggu ajalah pembahasan-pembahasan tentang bahasa Jawa Timur vs Jawa Tengahan...
>> Yang bilang Jawa Timur kasar itu SALAH BESAR...
BAHASA JAWA TIMUR ITU JUSTRU LEBIH HALUS DARI BAHASA KESEHARIAN ORANG JAWA TENGAHAN LHO.......
HANYA SAJA, PENGUCAPANNYA DALAM LOGAT YANG KERAS ATAU KAKU...
Gak ... pelan dan medok seperti orang Jawa Tengahan,,
Jadi ya terkesan kasar....
Aksen orang Jawa Timur itu justru lebih sopan...

Silahkan Tinggalkan Pesan dan Komentar Anda di sini... ; ) Terima Kasih atas Kunjungan Anda...

HARAP JANGAN PANGGIL SAYA "MAS" KARENA OWNER BLOG INI SEORANG WANITA