Thursday, October 3, 2013

KUMPULAN HANTU-HANTU LOKAL ASLI INDONESIA PALING MENYERAMKAN DAN MENAKUTKAN (Part 1)


pocong termasuk hantu lokal favoritku..

Bicara soal hantu..
Sejak kecil aku tiap malam minta dicritain hantu sebelum tidur.
Ibu saya dulu juga suka nyritain gitu..
Maka dari itulah hantu yang aku koleksi agak berbeda dengan hantu yang temen2ku ketahui..:p
Hantu versi keluarga, sahabat dan tetangga


Hantu Ayam
Medi pitik ini yang menceritakan adalah bapak saya. Dan sampai sekarang saya masih percaya dengan adanya hantu ini walaupun belum pernah dijumpai.
Kenapa saya percaya, karena ini hantu yang pernah menjumpai bapak saya, dan tante2 saya juga percaya dengan adanya hantu ini..
Jadi ceritanya dulu, Bapak saya pergi kesawah malam-malam hari, untuk mengairi sawah. Karena kan sawah harus diairi siang malam kalau musim kemarau. Jadi kalau malam tuh nungguin dieselnya supaya gak mati.
Jadi dalam semak-semak (kan sawahku itu dekat kuburan alias TPU) jadi ya wajarlah... jadi horor gitu...
Tapi bapak saya gak takut, karena banyak juga yang ngairi sawah malam hari.
Jadi dalam kalenan (selokan) tuh ada suara ayam “kiyekk... kiyekk.. kiyekkk”
Setelah disenteri gak ada. Dan hantu Ayam ini sudah banyak yang percaya. Karena banyak orang yang sering dijumpai.
Hehhe,, tersebar dimana-mana. Dan biasanya kalau dicekel (dipegang) gituh berubah jadi tulang. Heheh
#ini hantu yang selalu aku percaya sampai sekarang!!!
 Hantu Sapi
Ini juga berdasarkan cerita bapak saya. Saya juga sangat percaya dengan adanya hantu sapi ini. khususnya dijalan daerah rumah saya sana.
Jadi ceritanya dulu. Ketika bapak saya lewat gitu. Menjelang magrib tiba-tiba ditengah jalan ada sapi lewat. Jadi sepeda onthel yang dinaiki bapak saya ini terjatuh, bapak saya juga jatuh. Itu karena dalam bayangan bapak saya ada sapi yang mengadang.

Hantu Kerbau
Jadi dulu ketika bapak saya masih anak-anak, beliau angon alias menggembala kerbau gitu. Nah.. waktu magrib atau mulai surup lah... ada kerbau lari-lari gitu...
Dikira itu kerbau yang diangon beliau..
Ternyata?? Setelah diburu.. menghilang!
Hantu Jaran Ndegar alias Kuda berlari lari
Saya juga mendengar cerita ini dari bapak saya. Jadi kata bapak saya di daerah alas alias tegalan saya sebelah mana gitu.. ada hantu JARAN ndegarnya gitu...

Hantu USUS alias medi USUS
Ini adalah hantu yang saya dapatkan dari ibu saya. Saya sangat percaya dengan hantu-hantu yang ibu ceritakan. Karena memang membuat saya takut. Sampai sekarang saya masih percaya bangettt!
Hantu usus alias medi usus ini adalah hantu yang menjumpai nenek buyut saya. Dulu ibu saya mendapat cerita ini dari neneknya langsung. Yaitu nenek buyut saya.
Jadi dulu ketika nenek buyut saya masih muda,beliau akan mengunjungi rumah tetangga (mbah Nari. Malam hari sendiri.Tapi tiba-tiba pohon kluweh (kluweh itu sejenis sukun lah)didepan rumah mbah Nari pohonnya kayak jatuh gitu..
Tapi gak langsung jatuh ke tanah, buah kluweh itu seperti naik turun gitu. Naik lagi....jatuh lagi..naik lagi...
Kayak mainan yoyo gitu. Harusnya kalau jatuh kan langsung “gedebukk” ke tanah. Itu enggak!
Ini hantu menyeramkan buat saya.

Hantu Pager alais Pagar
Ini juga hantu berdasarkan cerita ibu saya. Ibu saya berdasarkan pengalaman nenek buyut saya!
Jadi dulu, malam hari. Sewaktu nenek saya hendak kerumah siapa gitu, dipinggir jalan, tepatnya dipagarnya mbah Sawen (pagarnya itu dari kayu gitu,disitu merambat tumbuhan Pare juga). Kayak diterpa angin gitu. Pager yang dirambati pohon pare ini bergoyang sendiri gitu. Yah.kayak hoyagg hoyagg gitu..
Padahal gak ada angin. Gak ada orang!
#mengerikan sekali!

Hantu Mblelek
Ini juga dari cerita ibu saya. Berdasarkan pengalaman langsung kakek saya (kakek dari ibu saya)
Jadi dulu, tengah malam kakek saya akan beragkat nyari ikan di sungai gitu. Tapi udah ketinggalan ma temen-temennya, terpaksa berangkat sendirian deh.
Setelah melewati hutan gitu, tiba-tiba kakek saya ditakutkan dengan suara ‘mblelekk..mblelekkk” mirip suara kambing. Bedanya kalau kambung “embekk. Embekk” nah ini “mbleelekk..mblelekk” gitu. Itu hanya suara aja, gak ada wujudnya kayak apa. Kakek saya pastinya ketakutan banget. Tanpa pikir panjang langsung menek (manjat) pohon gitu. Tapi ketika mau turun, suara itu muncul lagi..kalau naik lagi suaranya gak ada. Ya kayak ngece gitu. Setelah dipohon sampai pagi, ya akhirnya hantu itu gak ada.
#aku juga takut dengan hantu ini


Hantu Harimau
Ini adalah cerita sahabat saya, jadi dulu waktu kecil aku sering main bersama dia. Walaupun cewek dia suka misteri-misteri gitu, menurut dia dibelakang rumah Kunto ada medi macan (alias hantu harimau). Tepatnya disumurnya! Karena itu sumur tua lho. Dia juga mendapat cerita-cerita ini dari orangtua.


Hantu Genderuwo
Ini hantu mah sudah umum banget. Hampir semua orang nyritain tentang gendruwoo. Saya sendiri belum pernah ngelihat. Tapi sudah bisa membayangkan gendruwo seperti apa.. kira kira yah,, rambutanya panjang dan gak rapi gitu.
Diurai sampai ke muka.
Karena nenek saya sering bilang saya ini GENDERUWO kalau saya gak mau ngiket rambut.
Karena itulah sering dimarahi kalau dirumah rambutnya diurai gitu. Harus diiket. Biar gak kayak gendruwo.
Ya.. gitu deh.
Saya juga percaya Ndruwo ini seh. Karena ada tetangga nenek saya (dari ibu saya) yang punya anak dengan Ndruwo.
Jadi ceritanya S ini didatangi orang yang mirip suaminya gitu. Karena kebetulan rumahnya deket kali dan serem lah. Hingga akhirnya melahirkan anak Ndruwo. Yang tuna wicara dan aneh gitu. Dan kadang nenek S ini juga masih sering kesurupan kalau didatangi Ndruwo yang udah menghamilinya tersebut. 


Hantu Pring atau Pohon Bambu
Ini berdasarkan pengalaman tetangga saya. Jadi sewaktu dia mau kerumah orang punya hajat gitu, dimalam hari. Tiba-tiba pohon Bambu di kebun mbah Gito itu bergerak sendiri, pdahal gak ada angin.
Dan seperti berayun-ayun gitu, naik keatas.. turun lagi.. naik lagi...
#menakutkan

Hantu Sapu Lidi
Ini berdasarkan cerita tetangga saya juga, jadi setelah meninggalnya mbah S.(nenek temen saya). Tetangga saya ini lewat depan rumahnya almarhum. Tiba-tiba dihalamanya itu ada suara orangnyapu “rekkk.rekkk” gitu..
Seperti suara mbah S ini biasa nyapu. Nyapu halaman. Bawah pohon Jambu gitu.
#seremlah pokoknya!


Itulah kumpulan hantu-hantu yang saya kumpulkan dari cerita-cerita keluarga saya.
Hantu itu menurutku gak seserem setan deh. Gak sampai yang mengerikan dan membunuh kayak di film-film horor gitu.
Menurutku hantu itu lebih lucu dan unik aja.
Karena hantu atau Memedi ini Cuma sekedar menakut-nakuti gitu..
Istilahnya ya kayak godain gitulah...
Jadi ya....... gak harus selalu menampakkan diri dalam wajah yang penuh darah gitu...
Heheh..
Hantu-hantu yang lain masih akan aku bahas lain waktu.

Silahkan Tinggalkan Pesan dan Komentar Anda di sini... ; ) Terima Kasih atas Kunjungan Anda...

HARAP JANGAN PANGGIL SAYA "MAS" KARENA OWNER BLOG INI SEORANG WANITA