Thursday, August 1, 2013

7 RUPA TANAMAN BUNGA YANG DAPAT DIKONSUMSI DAN BERMANFAAT UNTUK KESEHATAN



Bunga ternyata tidak hanya berfungsi sebagai tanaman hiasan,,
Selain keindahannya yang dikagumi banyak wanita,ternyata bunga juga enak dimakan lho..
Saya sendiri mungkin salah satu orang yang sejak kecil selalu dicekoki dengan tanaman bunga, (Awalnya tidak memikirkan khasiatnya) tapi setelah mengerti manfaatnya yang bagus untuk kesehatan, semakin suka aja dengan bunga.
Tidak hanya bunga 7 rupa yang saya makan, mungkin lebih dari 10, baik yang bisa dimakan mentah ataupun yang harus dimasak lebih dulu.
Mau tau kan? Ini dia:

1.Bunga Pepaya
Rasanya memang pahit dan lebih pahit daunnya. Tapi karena sejak kecil dan seminggu sekali keluarga saya mewajibkan menu dari tanaman ini, saya sudah gak bisa merasakan pahitnya bunga pepaya. Simpel aja sih, bunga pepaya bisa ditumis, atau direbus tanpa bumbu. Tergantung selera! 
2. Bunga Turi
Mungkin ini sudah sering kita jumpai dalam masakan sekitar kita, khususnya pecel. Ya, bunga yang satu ini memang sering digunakan untuk campuran sayuran pecel. Bagi sebagian orang bunga turi rasanya gak enak dan pahit. Haha. Tapi saya justru gak bisa merasakan pahitnya bunga turi sama sekali. Sama seperti bunga pepaya,bunga turi bisa di oseng, disayur ataupun diurap.


3. Bunga kol
Saya yakin, bunga yang satu ini tidak terlalu dibenci oleh orang.  Selain rasanya yang tidak pahit, bunga ini juga sering digunakan dalam berbagai masakan. Tidak hanya soup , terkadang makanan kecil seperti aneka gorengan (lumpia, sosis, martabak dll) juga menggunakan bunga kol untuk campuran.

4. Bunga Melati
Ini bunga favorit saya. Faveret!! Hahaa, sebagai orang jawa,arti Melati dan makna bunga melati sangat saya hormati. Bukan hanya karena bunga ini sebagai simbol kesucian, tapi juga karena batin saya sudah melekat dengan bunga melati (wihhh gimana ini maksudnya??)
Mungkin karena saya selalu muntah jika mencium bunga selain bunga Melati. Dan bunga Melati sebagai satu-satunya bunga yang baunya saya sukai.
Kaitannya dengan enak dimakan, tentu aja bunga Melati enak dimakan. Kalau memang gak berani makan mentah ya gpp. Lagipula sering atau tidak, kita juga pernah mengonsumsinya dalam teh.

5. Bunga Kemangi
Sebenarnya yang lebih sering saya masak adalah daun kemanginya, tapi ketika memasak bunganya juga diikutkan, jadi ya sama saja, Bunga kemangi enak dimakan, dan saya sangat menyukainya. Keluarga saya (ibu saya) sering membuatkan oseng kemangi untuk saya. Tapi kalau memang tidak suka makan banyak kemangi, cukup menjadikannya lalapan aja. lebih enak dimakan mentah. Bisa dibilang bunga ini adalah bunga yang paling sering saya makan setelah bunga pepaya. Selain harganya murah, kebun saya penuh dengan kemangi :)
 Bagi masyarakat Sragen yang sudah terbiasa dengar langgam jawa Sambel Kemangi, .. Gak heran lagi, kalau kemangi memang sering dibuat sambel!!
 
6.Bunga Brokoli
Mungkin lebih sering saya temukan dalam soup dan pastel. Walupun doyan dengan bunga ini, saya tidak terlalu suka. Tapi enak juga kok.
7. Bunga Asparagus
Mungkin paling enak untuk campuran soup aja, kalau bagi saya.
Selain itu mungkin masih banyak lagi bunga-bunga yang bisa dimakan, speerti bunga sepatu, bunga matahari, bunga pisang, dll

Semoga bermanfaat..! :)

Silahkan Tinggalkan Pesan dan Komentar Anda di sini... ; ) Terima Kasih atas Kunjungan Anda...

HARAP JANGAN PANGGIL SAYA "MAS" KARENA OWNER BLOG INI SEORANG WANITA